hosting Shared vs VPS vs Dedicated Hosting Mana Yang Terbaik Menurut AndaMemilih penyedia web hosting yang tepat adalah keputusan penting bagi web developer, desainer, administrator, dan webmaster. Dalam banyak situasi, internet Profesional tidak mungkin ingin “menjaga semua isi web dalam satu keranjang,” yang berarti bahwa mereka akan memiliki minat dalam berbagai sifat web yang memerlukan berbagai jenis hosting. Penjualan dan departemen pemasaran penyedia web hosting sering mengintip spesifikasi dan statistik seperti uptime server, ketersediaan tinggi dan kecepatan untuk menarik klien sebelum pindah ke rencana yang berbeda mereka.
Selama bertahun-tahun, industri web hosting telah menetap menjadi sejumlah pilihan yang pada dasarnya variasi dari shared hosting, virtual private server (VPS) dan rencana dedicated hosting. Rencana-rencana utama juga dikenal sebagai Shared Server, VPS dan dedicated server program. Mereka menawarkan berbagai fitur yang berbeda dan berbagi beberapa karakteristik untuk mengakomodasi anggaran dan kebutuhan profesional web, serta keragaman proyek-proyek mereka.
Karena banyak penyedia web hosting yang mungkin membawa tiga rencana utama, pengembang web dan desainer biasanya mulai mengevaluasi penyedia potensial dalam hal layanan pelanggan, biaya keseluruhan, reputasi, dan keandalan. Penyedia hosting profesional menyadari nilai intrinsik dari mempertahankan pelanggan setia yang tidak hanya memilih untuk menjaga web mereka, tetapi yang juga akan mempertimbangkan hosting yang perkembangan masa depan pada server yang sama. Untuk alasan kemudahan dan kenyamanan dalam penagihan dan layanan pelanggan, webmaster dapat memilih penyedia tunggal untuk host semua nya atau website nya, tetapi di bawah hosting paln yang berbeda sesuai dengan hasil yang diinginkan.
Definisi Hosting Plan
Secara singkat, solusi shared hosting adalah tempat website menjadi lingkungan server dimana ia berada dengan ratusan atau ribuan situs-situs lain. Ini mirip untuk menjaga banyak aplikasi bersama-sama dalam smartphone yang sama atau komputer tablet. Dalam kasus ini, situs shared server tidak hanya fisik, tetapi juga tingkat tertentu pengalamatan IP dan bahkan RAM.
VPS hosting mengikuti paradigma cloud computing. Seorang profesional web diberikan sebuah partisi yang berada dalam server bersama yang mengikuti asumsi individu tertentu seperti pilihan OS, alamat IP khusus, ruang penyimpanan, dan kemampuan untuk menambahkan domain. VPS bekerja dengan cara yang sama sebagai menyewa server eksklusif yang berada di awan (cloud) dan yang dapat diakses dari jarak jauh.
Dedicated hosting memungkinkan webmaster untuk sewa web server fisik dengan pilihan OS dan perangkat lunak yang diinstal. Sebuah rencana dedicated server menawarkan privasi yang paling baik dan fleksibilitas dalam hal pemrograman dan manajemen. Ini adalah yang paling dekat dengan seorang pengembang web yang akan membeli server dan menyimpannya di kantor atau di rumah.
Fitur Hosting
hosting Shared vs VPS vs Dedicated Hosting Mana Yang Terbaik Menurut AndaKebanyakan penyedia web hosting telah mempersempit perbedaan dalam fitur antara hosting utama: biaya, pilihan server email, kontrol platform, keamanan, ekspektasi kinerja, dan tingkat layanan pelanggan. Seorang pengembang web pertama harus mempertimbangkan apakah fitur yang mereka butuhkan untuk suatu proyek tertentu yang disediakan oleh Hosting plan.
1. Biaya
Untuk webmaster pada anggaran, atau untuk proyek-proyek sederhana yang tidak memerlukan fungsi canggih seperti server email khusus, shared server yang paling masuk akal. Kebanyakan penyedia hanya mengenakan biaya beberapa dolar per bulan untuk shared hosting, dan beberapa bahkan menawarkan tingkat yang wajar untuk dukungan pelanggan. Selama proyek web tidak meminta terlalu banyak kustomisasi server, ruang disk atau persyaratan RAM, shared hosting adalah ide yang masuk akal. Tapi ketika trafiic lalu lintas meningkat, lebih baik untuk melihat pilihan lain.
2. Email Server
Elektronik mail masih merupakan komponen yang paling banyak digunakan dari Internet. World Wide Web dan jejaring sosial online mungkin telah tumbuh pada kecepatan yang mengejutkan dalam beberapa tahun terakhir, tapi email masih dianggap sebagai pendukung lama dan dapat diandalkan. Banyak web host tidak menawarkan solusi email server di tingkat shared hosting, dan beberapa yang memperingatkan klien mereka tentang kekurangan dari email sebagai sumber daya bersama.
3. Kontrol platform
Shared server plan tidak menawarkan banyak kontrol. Beberapa menawarkan versi mereka sendiri dari sebuah panel dashboard atau kontrol yang dapat dikelola dari web browser, dan tidak lebih. Dengan VPS dan dedicated hosting rencana, klien memiliki pilihan OS, dan mereka menikmati kebebasan untuk dapat menginstal hampir semua perangkat lunak yang kompatibel. Tergantung pada penyedia, beberapa software populer seperti cPanel, Fantastico dan LAMP mungkin sudah terinstall dan kebanyakan dari mereka bahkan telah terinstall dan siap untuk dikonfigurasi.
4. Keamanan
Firewall kustomisasi dan kontrol atas konten pengguna tertentu bisa melihat pada sebuah situs web adalah fitur hampir eksklusif untuk dedicated hosting. Webmaster yang memiliki persyaratan yang sensitif seperti database yang menyimpan informasi rahasia sangat harus mempertimbangkan dedicated hosting VPS atau setidaknya lebih dari shared server.
5. Ekspektasi Kinerja
Pengembang web dapat yakin bahwa penyedia pilihan mereka akan melakukan yang terbaik untuk memastikan uptime dan ketersediaan pada semua paket hosting. Tapi ketika datang untuk melayani sampai media streaming dan konten lainnya yang membutuhkan banyak bandwidth, dedicated hosting adalah satu-satunya pilihan yang wajar. Webmaster yakin bahwa salah satu situs Web mereka akan mengalami pertumbuhan vertikal anda tidak harus memilih paket shared hosting.
6. Tingakt Layanan Pelanggan
Bahkan rencana paling murah shared hosting menawarkan tingkat untuk klien tertentu dan dukungan teknis, tetapi kesederhanaan semata mereka hampir menjamin bahwa layanan panggilan mungkin akan diabaikan. VPS dan dedicated hosting plan akan sering membutuhkan tingkat lebih tinggi dari layanan pelanggan, dan sejauh host yang berbeda akan membuat berbagai pilihan yang tersedia. Webmaster yang mengharapkan beberapa jam untuk dukungan ahli teknis dapat mengharapkan untuk membayar harga yang lebih tinggi untuk hosting mereka yang didedikasikan.
Solusi Dedicated hosting biasanya dianjurkan untuk pengembang web yang memiliki proyek-proyek yang kompleks yang memerlukan sejumlah besar sumber daya. Kebanyakan webmaster awalnya akan memilih rencana VPS atau shared server, tetapi tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian pengunjung website.