Ads 468x60px

Selasa, 01 Mei 2012

Google Drive – Situs Penyimpanan File Gratis Dari Google

Ilmu Komputer – Bila anda gemar mendownload file dari internet tentunya nama-nama situs seperti Rapidshare, Mediafire, 4Shared, Ziddu dsb sudah tidak asing lagi ditemui. Situs-situs tersebut merupakan situs hosting yang memberikan kapasitas harddisk (disk space) secara online kepada pengguna untuk memasukkan file apapun kedalamnya dimana file tersebut kemudian dibagikan lagi kepada orang lain untuk didownload.
Sebagai pengguna komputer adakalanya kita menginginkan agar file-file penting kita dapat tersimpan ditempat yang aman sebagai back-up bila suatu saat file dikomputer kita terhapus atau dirusak oleh hardware. Pada kasus seperti ini, tentunya media penyimpanan online dapat menjadi solusi.
Google-Drive---Situs-Penyimpanan-File-Gratis-Dari-GooglePerusahaan raksasa Google belum lama ini telah merilis layanan terbaru mereka yang diberi nama Google Drive (alamat:drive.google.com) yang menawarkan fitur cloud storage atau media penyimpanan online secara gratis. Pengguna akan mendapatkan kapasitas harddisk online sebesar 5 GB yang dapat digunakan untuk menyimpan file apa saja, mulai dari file ponsel, iphone, dll.

Beberapa layanan / Fitur yang terdapat pada Google Drive (Cloud Storage) antara lain:

  1. Membuat dokumen Spreadsheet (seperti Excel) secara online
  2. Anda tidak perlu menginstal program tertentu untuk membuka file seperti .ai .pdf .psd .xls dll. Google Drive mendukung lebih dari 30 macam file format didalamnya sehingga anda dapat membuka file-file tersebut secara langsung.
  3. Menampilkan Video dan Foto yang dimasukkan kedalamnya
  4. Semua file bersifat pribadi selayaknya email pribadi anda
  5. File tersebut hanya dapat dibuka / dibagikan kepada orang-orang tertentu yang ditandai oleh anda melalui settingan
  6. Fitur untuk berdiskusi didalamnya. Orang-orang yang telah ditandai oleh anda juga dapat memberi komentar seputar file tersebut
  7. Fitur manajemen file, history file dsb
  8. Kapasitas Disk Space gratis sebesar 5 GB
Untuk mendaftarkan layanan terbaru dari google ini hanya memerlukan akun gmail untuk login kedalam Google Drive. Selanjutnya anda akan mendapatkan kapasitas harddisk online / cloud drive sebesar 5 GB. Bila anda bersedia untuk membayar 25 ribu / bulan, kapasitas penyimpanan akan ditingkatkan hingga 25 GB.
Tertarik? Langsung saja daftarkan akun anda melaluihttps://drive.google.com. Selamat menyimpan file! :-)
Catatan:
Terdapat layanan dari google lainnya yang berfungsi serupa seperti Google Drive yang bernama GmailDrive. Untuk penjelasan mengenai GmailDrive akan dibahas pada tulisan berikutnya.
==
Demikian tulisan mengenai Google Drive – Situs Penyimpanan File Gratis Dari Google. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post