Ads 468x60px

Rabu, 09 Mei 2012

Samsung Kembangkan Charging Ponsel Tanpa Kabel


Ilustrasi (ist)
Fino Yurio Kristo - detikinet
Jakarta - Di masa depan, isi ulang ponsel boleh jadi tidak memerlukan kabel lagi. Impian ini ingin diwujudkan Samsung yang bekerjasama dengan Qualcomm mengembangkan standar teknologi wireless charging alias tanpa kabel.

Aliansi bernama Alliance for Wireless Power (A4WP), akan mencari mitra lain untuk membentuk ekosistem teknologi wireless charging yang digunakan di seluruh dunia. Mereka ingin mengembangkan standarnya.

"Spesifikasi tunggal sedang diimpikan yang ditujukan untuk charging secara simultan berbagai perangkat, dari produk low power sampai tablet yang canggih," demikian keterangan A4WP yang detikINET kutip dari PCMag, Rabu (9/5/2012).

Selain Samsung dan Qualcomm, beberapa perusahaan berkomitmen di grup tersebut seperti Ever Win Industries, Gill Industries, Peiker Acustic, Powermat Technologies, dan SK Telecom. Mereka yakin teknologi ini sangat berguna.

"Power nirkabel punya potensi meningkatkan kenyamanan dan user experience di perangkat consumer seperti ponsel. Untuk merealisasikannya, infrastruktur power nirkabel harus dibuat untuk memungkinkannya dipakai di rumah, tempat kerja dan saat bepergian tanpa perlu mengkhawatirkan kompabilitas," kata Jason dePraux dari IMS Research.

Diharapkan nantinya, satu perangkat charger nirkabel standar akan bisa digunakan untuk mengisi daya berbagai perangkat sekaligus. Namun belum ada informasi kapan teknologi tersebut ditargetkan menjadi standar pengisian daya gadget.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post