Ads 468x60px

Senin, 30 April 2012

Awas, Instagram & Angry Birds Space 'Jahat' di Android


Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Perusahaan keamanan Trend Micro mengungkap adanya web page palsu yang mengajak user untuk mendownload link installer Instagram ke dalam ponsel Android. Modus penipuan ini pun juga menerpa Angry Birds Space. Jadi bagi Anda pengguna Android, awas tertipu!

Jebakan ini tentu bukan main-main, sebab ketika user mendownloadnya maka program jahat (malware) akan masuk ke dalam ponsel. Tak hanya Instagram, seseorang bernama Jonathan Beltrand pun menemukan pemalsuan halaman web Angry Birds Space.

Menurut Trend Micro, sama seperti web page Instagram tiruan, ternyata web page aplikasi Angry Birds Space abal-abal ini berasal dari Rusia.

Kedua pemalsuan Instagram dan Angry Birds Space telah terdeteksi dengan file ANDROIDOS_SMSBOXER.A. "Berawal dari analisis kami, malware akan meminta user agar diijinkan untuk mengirimkan permintaan dengan menggunakan nomor pendek untuk mengaktifkan aplikasi," jelas Trend Micro.

Pada kenyataannya, malware jenis ini mengirimkan pesan ke nomor tertentu. Aplikasi palsu ini juga menghubungkan ke situs tertentu, agar memungkinkan beberapa file lainnya untuk diunduh ke perangkat.

Belakangan ini, Trend Micro juga menemukan beberapa domain hosting palsu dari Rusia yang diunduh dari halaman aplikasi Android populer. Beberapa aplikasi ini termasuk skema Fruit Ninja, Temple Run dan Talking Tom Cat.

"User disarankan untuk berhati-hati dan waspada sebelum mengunduhnya dari Android apps, terutama beberapa hosted yang merupakan pihak ketiga dari aplikasi tersebut," pungkas Trend Micro dalam keterangannya kepada detikINET, Senin (30/4/2012).

Pada gambar di bawah ini Anda bisa membedakan halaman web instagram yang asli di (http://instagr.am/) dan versi palsunya. Jadi, bagi Anda yang hendak menginstal Instagram di ponsel, mulai sekarang harus hati-hati jika membuka link donwload untuk instagram dengan nama URL yang asing atau aneh.










0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post